jualmobilbatam.com

Pasang Rear Fog Lamp Suzuki Ertiga, Manfaatkan Lubang Tambahan



TERKAIT : JAKARTA - Jika mencermati tampilan bokong dari Suzuki Ertiga, terkesan masih ada bagian yang belum lengkap terpasang. Benar sekali, sebab bumper bagian tengah-bawahnya, terdapat lubang tambahan yang dapat dimanfaatkan sebagai dudukan lampu peringatan bagi pengendara di belakang. Di saat sedang turun kabut tebal atau ketika hujan lebat, seperti yang terdapat pada bumper belakang standar Suzuki Splash (Gbr.1).

Dikatakan dapat dimanfaatkan sebagai dudukan rear foglamp, lantaran slot yang tersedia pada bumper belakang Ertiga memang dirancang model temporary alias tidak paten. Sebab cover-nya mudah sekali dicopot dengan cara membuka klip penguncinya, serta memotong tangkai plastik pemegangnya.

Pemasangan rear foglamp tambahan ini sudah dilakoni Gutta Erlich, pemilik low MPV terbaru dari Suzuki ini. Menurutnya, Ia memang terinspirasi untuk memakai lampu kabut belakang ini, setelah melihat tampilan bumper bawaan Splash.

Bagi yang berminat menerapkannya, cukup bermodal rear foglamp kepunyaan Splash, yang dapat dibeli di jaringan bengkel resmi Suzuki dengan banderol sekitar Rp 200 ribuan. Dimensi berikut desainnya dirancang plug and play, tanpa harus memodifikasi slot tambahan yang sudah tersedia pada bumper standar Ertiga (Gbr.2).

Pemasangannya juga mudah. Setelah membuka cover slot tambahan di bumper belakang Ertiga, masukkan kabel bawaan mika lampu kabut milik Splash melalui lubang yang sudah tersedia di bagian dalam lubang dudukannya. Hal ini pun akan membuat tampilannya lebih rapi setelah terpasang (Gbr.3).

Menurut Wira Sentosa dari SACS di Jl. Raya Pondok Gede No. 24, Bekasi, untuk instalasi ada dua pilihan yang dapat diterapkan. "Pertama bisa langsung menyambung kabel bawaan rear foglamp ke soket lampu kecil atau lampu rem. Cara ini hanya perlu waktu sekitar 30 menit," urai cowok yang sukses menerapkannya pada besutan milik Gutta ini.

Opsi kedua, lanjut Wira, dapat dibikin model terpisah dengan lampu kecil atau lampu rem. Namun mesti menarik kabel ke depan dan mesti dibuatkan tombol atau switch tambahan di dasbor, untuk menghidupkan atau mematikan lampu kabut belakang sesuai keperluan.

Kelar urusan wiring, jangan lupa memasang dua mur pengunci dudukan mika lampu kabut pakai kunci pas 10 inci. Mengencangkannya mesti dari bagian dalam bumper dan pastikan lagi mur terpasang dengan erat pada bautnya (Gbr.4).

mobil.otomotifnet.com
All New SwiftAll New SwiftSX4 X-Over
APV GA GEAPV GX/LuxuryReal Van
Carry Pick UpMegacarryMegacarry X-Tra
Autech Edition