jualmobilbatam.com

Tips Mencegah Karat Pada Mobil Anda



TERKAIT : Kondisi cuaca yang tidak menentu yang terkadang panas lalu hujan kemudian kondisi lain yang dapat menyebakan karat seperti kadar air yang cenderung mengandung garam atau pun zat besi yang tinggi.

Sebuah karat atau korosi adalah penyakit pada body mobil yang sering terkena air dan pana, karat penyakit ini menyerang pada bagian seng atau besi yang akan memakan body mopbil sedikit demi sedikit hingga akhirnya keropos dan rapuh.

Terjadinya karat sendiri adalah sebuah proses alamiah dan tidak bisa dihindari, yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan mencegah proses terjadinya karat tersebut.

Mencegah karat sangat penting artinya bagi kendaraan anda. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mencegah karat.

INFORMASI PENTING TENTANG KARAT

Penyebab karat:
  • Endapan garam, debu, kelembaban atau bahan kimia di bagian bawah atau frame kendaraan.
  • Bagian yang terkelupas, tergores, dsb pada bagian metal yang disebabkan terkena batu atau benturan.
  • Kondisi yang dapat mempercepat terjadinya karat:
    1. Garam, bahan kimia, udara di sekitar daerah pantai atau polusi industri akan mempercepat pembentukan karat pada metal.
    2. Kelembaban udara yang tinggi, terutama jika suhu udara di atas titik beku.
    3. Keadaan basah pada bagian tertentu untuk waktu yang lama, meskipun pada bagian bodi yang lain kering.
    4. Suhu tinggi pada bagian kendaraan yang tidak berventilasi baik, sehingga kondensasi yang timbul pada saat suhu menurun tidak cepat kering.
    5. Dari penjelasan di atas, penting untuk memperhatikan kendaraan agar selalu dalam keadaan bersih dan kering. terutama di bagian bawah. Disamping itu, sebaiknya segera memperbaiki cat dan pelapis/pelindung lainnya yang mengelupas atau tergores.


BAGAIMANA MENCEGAH KARAT PADA MOBIL ANDA?

Cuci kendaraan
Cara terbaik untuk mencegah timbulnya karat adalah selalu menjaga kebersihan kendaraan dengan cara mencucinya secara teratur, jaga kendaraan agar selalu dalam keadaan bersih dan kering terutama di bagian bawah kendaraan. Jika tinggal di daerah pantai, kendaraan harus dicuci sedikitnya sebulan sekali. Lihat petunjuk mencuci kendaraan pada bagian "Mencuci Kendaraan".

Bersihkan kotoran yang menempel
Kotoran atau benda asing lainnya seperti garam, bahan kimia, aspal, getah atau kotoran burung dan sampah industri jika dibiarkan lama dapat merusak permukaan cat. Oleh karena itu bersihkan segera dengan menggunakan bahan pembersih yang tidak merusak permukaan cat.

Perbaiki permukaan cat yang rusak
Periksa dengan teliti keadaan permukaan cat, jika ditemukan goresan atau mengelupas, perbaiki segera untuk mencegah timbulnya karat.

Jaga kerbesihan ruang penumpang dan barang
Kelembaban, debu atau lumpur dapat mengendap di bawah karpet dan menyebabkan karat. Oleh karena itu bersihkan selalu permukaan lantai dibawah karpet dan jaga agar selalu kering. Barang bawaan semisal bahan kimia, pupuk, cairan pembersih, garam, dll. Sangat rentan menyebabkan karat. Gunakan tempat penyimpanan khusus. Jika tumpah atau ada kebocoran, bersihkan dan keringkan segera.

Simpan kendaraan di tempat yang kering, dan berventilasi baik
Jangan memarkir kendaraan di tempat yang lembab dan berventilasi buruk. Jika kendaraan sering dicuci di garasi atau dipakai di jalan yang basah / hujan, garasi akan menjadi lembab. Hal ini akan mempercepat timbulnya karat. Untuk itu, bersihkan/keringkan kendaraan sebelum disimpan di garasi.


Copyright @Suzuki 4W Service DND – HS
http://service.suzuki.co.id
All New SwiftAll New SwiftSX4 X-Over
APV GA GEAPV GX/LuxuryReal Van
Carry Pick UpMegacarryMegacarry X-Tra
Autech Edition